Rabu, 07 Mei 2014

Wisata Alam Kolam Air Panas

Sipatn Lotup Kolam Air Panas di Kalimantan

Kabupaten sanggau adalah satu dari 14 kabupten yang terdapat di Kalimantan Barat. Di Kabupaten ini terdapat sebuah objek wisata yang sangat unik, yaitu sumber mata air panas, yang oleh masyarakat  suku Dayak Bekidoh setempat diberi nama Ai Sipatn Lotup. Dalam bahasa dayak setempat, Ai Sipatn Lotup memiliki tiga arti yang berbeda.  Ai berarti air, Sipatn berarti menyimpan, sedangkan Lotup artinya meletup/bergelembung/mendidih. Jadi Sipatn Lotup memiliki arti Tempat penyimpanan air yang mendidih (air panas).
Sumber air panas Ai Sipatn Lotup menjadi unik sebab tidak banyak sumber air panas di pulau Kalimantan. Secara geologis pulau Kalimantan tidak mempunyai gunung berapi sehingga sumber air panas tersebut berasal dari mata air yang dipanaskan oleh panas bumi (geotermal).

Sumber mata air "Ai Sipatn Lotup"
Kolam ini terletak di kampung Peruntan, Desa Sape, Kecamatan Balai Sebut, Kabupaten Sanggau, Provinsi Kalimantan Barat, sekitar 6 jam perjalanan dari Pontianak. Ada dua rute yang bisa ditempuh dari kota Sanggau menuju tempat ini, yaitu melalui jalur Sanggau – Kembayan – Jangkang dengan jarak tempuh kurang lebih 168 Km dari Pusat Kota Kabupaten Sanggau. Sedangkan melalui jalur Sanggau – Mukok – Jangkang dapat ditempuh dengan jarak kurang lebih 70 Km.
Gerbang masuk ke sumber mata air panas
Jalur transportasi dapat dilalui dengan kendaraan roda Empat dan Roda dua. Dengan menempuh perjalanan kurang lebih 3 jam perjalanan maka pesona kawasan wisata Sumber air panas dapat dinikmati dengan kesegaran alami.
Kolam sumber air panas "Sipatn Lotup"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar